Profil

Visi


“Terwujudnya Gereja Kristen Jawa Karangbendo Sebagai Keluarga Allah Yang Damai Sejahtera, Dinamis, dan Berdayaguna Bagi Masyarakat”

Misi


  • 1. Mewujudkan GKJ Karangbendo sebagai gereja keluarga Allah yang akrab dan dinamis
    2. Menguatkan aspek keesaan, keorganisasian dan pengelolaan sumberdaya keuangan
    3. Mengembangkan pola komunikasi, IT, Multimedia dan infrastruktur untuk menjawab kebutuhan pelayanan ke depan
    4. Mengedepankan pelayanan diakonia transformatif bagi warga jemaat maupun masyarakat untuk peningkatan kesejahteraan melalui pelayanan kesehatan, pendidikan dan kewirausahaan
    5. Mempersiapkan warga jemaat dan majelis sebagai kesatuan gereja untuk hadir, diterima dan berdampak positif secara langsung pada masyarakat di sekitar dan lebih luas.

Sejarah Singkat GKJ Karangbendo


Dalam sejarah maupun keberadaannya sekarang ini, GKJ Karangbendo tidak lepas dari pendekatan pekabaran Injil yang dipakai yaitu kekeluargaan. Dalam sejarah misalnya, karya pekabaran Injil yang dilakukan oleh jemaat Karangbendo kepada masyarakat pada dekade 1980an adalah melalui pendekatan secara kekeluargaan dengan mengadakan pelatihan keterampilan seperti pertukangan, perbengkelan, menjahit, usaha toko kelontong, dan bantuan permodalan kepada keluarga-keluarga pra-sejahtera saat itu.

Dari kegiatan ini banyak warga masyarakat yang tertarik dengan Kekristenan. Mereka kemudian belajar dan pada akhirnya beberapa dari mereka mengikuti katekisasi dan dibaptis. Sesepuh gereja yang menginisiasi pelatihan keterampilan dan berbagi tentang nilai-nilai Kekristenan tersebut dianggap sebagai orangtua oleh mereka yang kemudian menerima sakramen baptis dewasa.

Dan hubungan orangtua dan anak rohani dalam kehidupan bergereja GKJ Karangbendo masih tetap kental hingga saat ini. Di sisi lain, warga jemaat GKJ Karangbendo sebagian besar memiliki hubungan kekerabatan satu sama lain. Dari situ dapat dilihat bahwa GKJ Karangbendo adalah seperti sebuah keluarga besar yang kesemuanya ada dalam naungan Sang Kristus sebagai Orangtua Agung pasamuwan.

Scroll Up